Revitalisasi Kinerja BPKAD, Penjabat Bupati Lantik 4 Pejabat Administrator & Pengawas


Saumlaki (Tanimbar) Kompas86.com_, 6 bulan setelah dilantik pada tanggal 24 Mei 2022 lalu, Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Daniel E Indey, S.Sos, M.Si untuk pertama kalinya melakukan pelantikan pejabat eselon 3 dan 4 di lingkup Pemerintah Daerah. Hari ini, Rabu (23/11/2022) bertempat di lantai 2 Kantor Bupati KKT, 11 ASN pada lingkup Pemkab yang didampingi rohaniwan Kerestén Protestan dan Kristen Katolik, diambil sumpah serta janji oleh Penjabat Bupati dan disaksikan pimpinan OPD serta ASN lainnya.

Menariknya, dari pelantikan 11 ASN yang diambil sumpah dan janji, Rabu (23/11/2022) bertempat di lantai 2 Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar, ada 5 orang dilantik sebagai Pejabat Administrator dan Pengawas pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Mereka masing-masing, Susi Siwabessy, SE, Kepala Bidang Perbendaharaan, Yomima B. W. Patian, SE, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan. Yosina B. Parinussa, SE, Kepala Sub Bagian Keuangan. Herti Melatunan, SE, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian serta Juliana. E. Pelamonia, SE, Kepala Sub Bidang Pendapatan. Pergeseran dan pergantian Pejabat Administrator dan Pengawas dilungkup BPKAD merupakan upaya menguatkan kembali (Revitalisasi) kinerja Bendahara Umum Daerah (BUD).

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Tanimbar menjelaskan, 11 ASN yang dilantik dalam jabatan Administrator dan Pengawas ini telah dilakukan sesuai mekanisme aturan yang berlaku. Dimulai dari pengusulan Pemda Kepulauan Tanimbar lewat Badan Kepegawaian Daerah kepada Menteri Dalam Negeri RI melalui Gubernur Provinsi Maluku. Setelah mendapat persetujuan dari Mendagri, pelantikan hari ini dilaksanakan.

Pengambilan sumpah dan janji dalam jabatan hari ini, kata Indey, mengingatkan para pejabat Administrator dan Pengawas untuk tetap setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, rakyat dan terutama Tuhan. Kerahasiaan jabatan harus dipegang teguh dan tidak boleh menerima hadiah berbentuk apapun dan dari siapapun juga dalam menjalankan tugas dan jabatan. Kepentingan negara dan masyarakat diatas kepentingan pribadi, pinta Penjabat Bupati.

Dikatakan, UU nomor 5 THN 2014 mengatur dengan jelas tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai perencana dan pengatur dalam tanggungjawabnya melaksanakan pelayanan publik dan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. ASN Harus berintegritas, netral dan profesional dalam pelaksanaan tanggungjawab sebagai pemersatu bangsa. Karena itu, Indey berharap kepada Pejabat Administrator dan Pengawas yang telah diambil sumpah dan janjinya agar bekerja keras, meningkatkan profesionalitas, integritas dan loyalitas kepada pemimpin di instansinya masing-masing dalam pelaksanaan tugas kedepan.

(Ais Labobar)


Kompas86tv.com Media Kita Bersama

Komentar