Haktenas Ke 27 Pemda Jepara Selenggarakan Lomba IPTEK

Hakteknas Ke-27 Pemda Jepara Selenggarakan Lomba Iptek 



Dalam rangka memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas), Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Pameran Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) dan seminar Literasi dan Penelitian Menyenangkan Ala Milenial. Acara tersebut dilaksanakan di Pendopo Kartini, Senin (21/11/2022).
Berbagai karya teknologi siswa siswi SMP dan SMA se Kabupaten Jepara mulai dari pengolahan makanan, robotik, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), hingga roket air,
Lomba logo Sanggar Iptek Masyarakat (SIM) dan Jepara Science Center, Science camp.
Hadir dalam acara itu Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kepala Bappeda Subiyanto, civitas akademisi, serta siswa siswi SMP, SMA sederajat.
Subiyanto dalam laporannya menyampaikan Kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Kabupaten Jepara Tahun 2022 dengan tema “Puncak Penganugerahan Insan Inovasi Jepara 2022 dan Seminar dengan judul Literasi dan Penelitian Menyenangkan Ala Milenial”.
Puncak Peringatan Hakteknas ke- 27 Tahun 2022 melalui pemberian hadiah kepada pemenang lomba sebagai penghargaan atas keberhasilan putra-putri Jepara dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dasar. Pelaksanaan seminar guna memberi dorongan kepada peserta seminar untuk terus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna peningkatan kesejahteraan dan peradaban bangsa melalui literasi dan kegiatan meneliti yang menyenangkan.
Untuk stand produk diikuti oleh 14 peserta yang terdiri dari pemenang lomba LKTI dan Krenova baik tahun 2022 maupun tahun-tahun sebelumnya serta Perangkat Dearah yang bekerja sama dalam kegiatan diseminasi dan pelatihan.
Sedangkan narasumber Seminar
adalah Khoirul Mizan (Pustakawan Ahli Muda) dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara, Rizal Alansyah (Inventor dan Peraih Best of the Best AHM Best Student 2019) dari CV. Serasi Indonesia Jaya, Tristan Alfian dosen program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.
Sementara itu, Pj.Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam sambutannya mengucapkan selamat Hakteknas kepada segenap komunitas iptek di Jepara serta pemenang lomba. Menurutnya, hasil yang dilombakan sangat bermanfaat dalam mengelola potensi lokal, menjaga kelestarian lingkungan, meningkatkan daya saing produk, nilai ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat Jepara.

“Karya-karya ini merupakan bukti, penelitian dan pengembangan iptek menjadi solusi di tengah masyarakat yang sedang dihadapkan persaingan global,” katanya.
Terkait perkembangan inovasi daerah, Edy Supriyanta juga mengapreasi kinerja Perangkat Daerah. Berdasarkan hasil pendataan Indeks Inovasi Daerah oleh Kemendagri dalam rangka penilaian Innovative Government Award (IGA) 2022, Kabupaten Jepara memperoleh nilai 46,66 dengan kategori Inovatif. Tercatat ada 40 inovasi Perangkat Daerah dalam mendorong pelaksanaan program dan kebijakan pembangunan, serta pelayanan publik yang lebih baik.

Dia berharap, terus lahir karya baru dari putra-putri daerah. Baik melalui perangkat daerah lembaga pendidikan, kelompok masyarakat, maupun perseorangan. Harapannya menjadi embrio berkembangnya budaya riset yang akan menjawab persoalan dan peningkatan daya saing daerah.
“Mari jadikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi sebagai basis dari keberhasilan dan kemajuan pembangunan Jepara,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Edy Supriyanta menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.
Untuk lomba LKTI tingkat SMP sederajat, Juara 1 SMP UT Bumi Kartini Jepara, Juara 2 SMPN 1 Jepara, Juara 3 MTs N 1 Jepara.
Lomba LKTI tingkat SMA sederajat Juara 1 SMAN 1Jepara, Juara 2 MAN 1 Jepara, Juara 3 SMAN 1 Donorojo.
Lomba Krenova Tahun 2022, Juara 1 diraih oleh Wahyu Jati Waseso, Juara 2 Imam Fatoni ASN BBPBAP Jepara, dan Juara 3 SMKN 1 Jepara.
Lomba Robotik Juara 1 SMPN 1 Mlonggo, Juara 2 MTs Sunan Muria Kelet, dan Mlonggo, Juara 3 SMPN 1 Jepara.
Lomba Roket Air Juara 1 SMPN 1, Nalumsari, Juara 2 SMP Az Zahro Mlonggo, dan Juara 3 SMPN 1 Keling.
Lomba Logo Jepara Science Center 1. Muhammad Alex Setiawan, 2. Muhammad Ahsan Labib.
Lomba Science Camp Juara 1 SMPN 3 Jepara, Juara 2 SMPN 5 Jepara, Juara 3 MTs N 1 Jepara.

Reporter: (Rud)
Kompas86tv.com Media Kita Bersama

Komentar